Apa Itu Machine Vision

apa itu machine vision

Apa Itu Machine Vision ?

Machine vision memberikan kemampuan kepada peralatan industri untuk melihat, menganalisis, dan bertindak. Selain itu, machine vision juga dapat meningkatkan kualitas produk, mengurangi biaya, dan mengoptimalkan proses.
Machine vision menggunakan teknologi AI terbaru untuk memberikan kemampuan kepada peralatan industri. Lalu, untuk melihat dan menganalisis beragam aktivitas di bidang manufaktur pintar, kontrol kualitas, dan keselamatan pekerja.

Kesimpulannya, teknologi machine vision memberikan kemampuan kepada peralatan industri untuk “melihat” apa yang sedang dalam pengerjaan dan mengambil keputusan cepat berdasarkan apa yang terlihat. Penggunaan machine vision yang paling umum adalah inspeksi visual dan deteksi cacat, menentukan posisi dan mengukur bagian, serta mengidentifikasi, memilah, dan menelusuri produk.

Machine vision adalah salah satu teknologi yang menjadi dasar otomasi industri. Teknologi ini telah membantu meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kecepatan produksi, serta mengoptimisasi manufaktur dan logistik selama beberapa dekade. Sekarang teknologi yang telah terbukti ini yang tergabung dengan kecerdasan buatan dan menjadi pelopor dalam transisi menuju Industri 4.0.

Bagaimana Ini Dimulai: Sistem Machine Vision Klasik

Mesin dapat “melihat” sebelum adanya AI dan kecerdasan buatan. Pada awal tahun 1970-an, komputer mulai menggunakan algoritme khusus untuk memproses gambar dan mengenali fitur dasar. Teknologi visi mesin klasik ini dapat mendeteksi tepi objek untuk memposisikan suatu bagian, menemukan perbedaan warna yang mengindikasikan cacat, dan melihat gumpalan piksel yang terhubung yang mengindikasikan adanya lubang.

Machine vision klasik mencakup pekerjaan yang relatif sederhana dan tidak memerlukan kecerdasan buatan. Teks harus sederhana dan tajam, seperti kode batang. Bentuk harus dapat terprediksi dan sesuai dengan pola yang tepat. Sistem visi mesin klasik tidak dapat membaca tulisan tangan, menguraikan label yang kusut, atau membedakan apel dengan jeruk.

Namun demikian, visi mesin klasik memiliki dampak yang sangat besar pada bidang manufaktur. Mesin tidak mudah rusak, sehingga dapat menemukan cacat lebih cepat dan lebih andal daripada mata manusia. Ditambah lagi, mesin tidak terikat oleh batasan penglihatan manusia. Kamera penglihatan mesin khusus dapat menggunakan pemindaian thermal untuk mendeteksi anomali panas dan sinar-X untuk menemukan cacat mikroskopis dan kerusakan logam.

Smart Machine Vision dan Sistem otomatis

Inteligensi artifisial memperluas vision mesin jauh melampaui inspeksi visual dan kontrol kualitas. Dengan smart machine vision, kamera dapat melihat dalam tiga dimensi, memegang komponen satu sama lain, dan memeriksa pekerjaan satu sama lain. Mereka bahkan dapat berinteraksi dengan rekan kerja manusia dan memastikan mereka bekerja bersama dengan aman.

Mesin dengan smart vision dapat menggunakan pemrosesan dalam bentuk pemrosesan bahasa alami untuk membaca label dan menginterpretasikan tanda. Sistem penglihatan pintar dapat memahami bentuk, menghitung volume, dan mengemas kotak, truk, dan bahkan kontainer pengiriman dengan sempurna dengan ruang yang minimal.

Pergeseran dari mesin yang dapat mengotomatisasi tugas-tugas sederhana ke mesin otomatis yang dapat melihat lebih dari apa yang dapat terlihat oleh mata manusia dan berpikir sendiri untuk mengoptimalkan elemen-elemen dalam waktu yang lebih lama akan mendorong tingkat inovasi industri yang baru.

Ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tetapi visi mesin pintar sedang bekerja di pabrik, gudang, dan pusat pengiriman saat ini, membantu dan membantu pekerja manusia dengan menangani tugas-tugas biasa sehingga pekerja dapat menggunakan keahlian mereka untuk fokus pada bagian yang paling penting.

Aplikasi Machine Vision

Visi mesin industri adalah tulang punggung manufaktur, logistik, dan produksi yang cerdas. Kamera visi mesin, sensor IoT tertanam, dan PC industri dapat menghadirkan kecerdasan, analisis, dan efisiensi pada setiap langkah proses manufaktur

Manfaat Visi Mesin dalam Smart Manufacturing
Visi mesin yang diterapkan pada manufaktur dapat meningkatkan kualitas produk dan efisiensi sistem secara keseluruhan, meningkatkan hasil produksi line produksi, mengurangi biaya tenaga kerja, dan memberikan waktu bagi staf Anda untuk fokus pada pekerjaan yang bernilai lebih tinggi..

Manfaat Machine Vision dalam Sistem Produksi

Peningkatan keselamatan dan kinerja pekerja merupakan manfaat penting dari penerapan visi mesin pada bidang manufaktur. Visi komputer bertenaga AI dapat memastikan pekerja menjaga jarak aman dan mengenakan peralatan keselamatan yang tepat. Robot dan peralatan dengan visi mesin dapat menafsirkan tindakan manusia dan berinteraksi, membantu mencegah kecelakaan sebelum terjadi. Jika suatu situasi tidak aman, mereka dapat memperingatkan operator atau mematikan peralatan secara otomatis, sehingga mengurangi risiko bagi karyawan dan perusahaan Anda.

Selain itu, dengan terus menganalisis data dari kamera, mikrofon, dan sensor yang tertanam di peralatan dan mesin industri, PC industri dapat menggunakan AI untuk mendeteksi kesalahan dan tanda-tanda kerusakan sebelum terjadi kesalahan, sehingga perbaikan preventif dapat merencanakannya terlebih dahulu, sehingga dapat mengurangi waktu henti yang tidak terduga dan mengurangi biaya perawatan dari waktu ke waktu.

Di bidang manajemen aset dan keamanan, AI dapat mendeteksi dan melacak objek dalam umpan video untuk memastikan penggunaan dan penyimpanan yang tepat, memperingatkan manajemen jika aset meninggalkan batas yang telah ditentukan. Sistem kamera keamanan dapat menjadi mitra keamanan aktif yang mampu mengendalikan akses gedung dan mengidentifikasi situasi berbahaya.

Our other Products

Labelling Machine

Thermal Inkjet Printer

Continuous Inkjet Printer